Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Porsi Makan Ideal saat Ramadhan. Bagaimana Caranya ?

CMZhealth.blogspot.com - Porsi Makan Ideal saat Ramadhan. Bagi yang beragama Islam ada kewajiban setiap tahunnya untuk berpuasa sebulan penuh saat bulan Ramadhan. Saat itu bagi yang sudah memenuhi syarat diwajibkan untuk berpuasa. Ibadah puasa inilah yang mewajibkan setiap orang untuk tidak boleh makan dan minum mulai fajar hingga tergelincirnya matahari. Tentu dengan kewajiban puasa ini waktu untuk makan dan minum akan berkurang, jadi harus ada strategi khusus agar meski berpuasa tubuh dapat memperoleh asupan makanan dan minuman yang cukup. Apalagi bagi Anda yang tetap melakukan aktivitas bekerja saat bulan Bulan Ramadhan.

Porsi Makan Ideal saat Ramadhan

1.      40 Persen saat Sahur

Untuk menjaga kesehatan, pastikan menu sahur kamu memenuhi kebutuhan 40 % kebutuhan nutrisi dalam sehari. Ini bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein serta sayuran.

Pada saat sahur disarankan untuk minum air sebanyak 2 sampai 3 gelas.

Yang perlu menjadi catatan saat sahur adalah jangan makan makanan yang mengandung gorengan, karena ini tidak baik bagi tubuh untuk selanjutnya menjalankan ibadah puasa. Makan sahur lah dalam porsi yang cukup, tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak, karena keduanya tidak baik untuk orang yang sedang berpuasa.

2.      50 Persen saat Berbuka

Begitu juga saat berbuka puasa, porsi nutrisi makanan yang dibutuhkan tubuh sebaiknya bisa diperoleh sebesar 50 persen. Makanan yang dianjurkan adalah yang manis atau mengandung kadar gula, karena ini diharapkan dapat mengganti atau mengambalikan kadar gula yang hilang setelah berpuasa. Karena itu biasanya disarankan saat buka puasa ini memakan kurma, buah atau sumber makanan manis lainnya. Meskipun kebiasaan orang Indonesia yang sangat sulit dihindari adalah memakan gorengan dan makanan berminyak lainnya yang rasanya gurih.

Saat berbuka puasa juga jangan lupa untuk mengonsumsi 3 sampai 4 gelas air putih.

3.      10 Persen saat Tarawih

Setelah tarawih biasanya badan akan lumayan merasakan letih, setelah beraktivitas seharian dan menjalankan sholat terawih dalam jumlah yang banyak. maka setelah tarawih ini dibolehkan untuk mengonsumsi makanan kecil saja dan minum 1 sampai 2 gelas air putih.

Asupan air minum sangat perlu diperhatikan saat berpuasa. Karena jika kekurangan air minum, maka kita akan menderita dehidrasi yang sangat membahayakan tubuh.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang Porsi Makan Ideal saat Ramadhan. Artikel ini akan terus bertambah detail pembahasannya sesuai referensi yang kami dapatkan. Jadi jangan ragu untuk kembali membaca artikel ini di kesempatan lain, atau membaca artikel kami lainnya.

 

Posting Komentar untuk "Porsi Makan Ideal saat Ramadhan. Bagaimana Caranya ?"