Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan Cara Diet Secara Bertahap untuk Kesehatan Anda




CMZhealth.blogspot.com - Lakukan Cara Diet Secara Bertahap untuk Kesehatan. Semua orang pasti ingin hidup sehat. Tapi kenyataannya tidak semua orang bisa mendapatkannya. Ada banyak godaan bagi setiap orang untuk hidup sehat, salah satunya sari makanan yang dikonsumsi. Semakin hari jenis makanan yang ada di sekeliling kita semakin beragam. Tentu ini menjadi daya tarik yang kuat untuk menikmatinya. Tapi tak jarang dari sinilah sumber penyakit muncul. Tidak sedikit yang mengalamim berbagai keluhan akibat penyakit yang diakibatkan oleh kegemukan.

Kegemukan adalah problem manusia saat ini. Kegemukan merupakan salah satu faktor kuat datangnya berbagai penyakit. Sadar akan kenyataan ini, maka banyak juga orang yang melakukan diet. Tapi sayangnya kadang diet yang dilakukan bukannya membuat mereka sehat, tapi menimbulkan masalah baru, atau menjadikan kambuh penyakitnya yang lama. 

Seputar Diet Sehat

Sebelum membahas panjang lebar tentang diet, kita harus tahu lebih dulu, apa sih pengertian dari diet. Diet pada dasarnya adalah pola makan, yang cara dan jenis makanannya diatur. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, diet juga bertujuan untuk mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol.

Dari pengertian diatas jelas didapatkan pemahaman bahwa inti dari diet adalah bagaimana mengatur pola makan, cara dan jenis makanannya diatur untuk memperoleh kesehatan dan berat tubuh yang tidak berlebihan. 

Tapi sayangnya saat ini banyak orang yang ingin melakukan diet tidak bertahap, menyesuaikan dengan kebiasaan sebelumnya. Akibatnya banyak keluhan yang didapatkan. Misalnya seseorang yang terbiasa makan 3 kali sehari, tidak bisa langsung berubah menjadi 2 kali. Begitu juga dengan waktu makan yang biasanya tidak teratur, tidak bisa langsung berubah sesuai waktu makan yang tepat. Semua harus dibiasakan secara bertahap dulu. Misalnya dengan mendekatkan waktu makan yang biasa dilakukan menuju waktu makan yang ideal. 

Mitos Sekitar Diet

Ada banyak mitos tentang diet yang kadang membuat kita tersenyum karena terlihat konyol. Misalnya yang dilakukan kebanyakan Ibu-ibu, misalnya dari konten yang mereka lihat tidak mau makan nasi lagi. Tapi yang dilakukan setelah berusaha tidak makan nasi bukannya kebiasaan yang lebih sehat, tapi sebaliknya. 

Misalnya ada seorang Ibu yang dengan PD nya mengatakan, 

“Saya sudah tidak makan nasi lagi, karena nasi itu tidak sehat.”

Ok lah memang benar jika makan terlalu banyak nasi tidak sehat. Tapi sayangnya setelah tidak makan nasi, Ibu ini ternyata menggantinya dengan makanan yang tidak sehat. Misalnya mengganti kebiasaannya sarapan nasi dengan makan aneka gorengan dalam jumlah banyak untuk supaya tidak merasa lapar di pagi hari. 

Begitu juga dengan kebiasaan makan siang dan malam, yang biasanya terbiasa makan  nasi, diganti dengan makan mie instan atau makanan lainnya yang mengenyangkan. Yang penting bukan makan nasi, maka ia merasa diet yang sudah dijalankannya sudah berhasil. Padahal sejatinya inti dari diet adalah kesehatan. Jika menggantinya dengan makanan yang lebih tidak sehat, maka itu bukan diet namanya, tapi lebih menjadikan dirinya berpotensi kena penyakit. 

Cara Mudah Mendapatkan Tips Diet Sehat

Saat ini ada banyak cara mendapatkan cara diet yang sehat. Di berbagai sosial media seperti Youtube, Tik Tok atau yang lainnya banyak panduan yang memberikan secara gratis. Baik untuk menggunakan semua kemudahan ini, tapi semuanya harus dilakukan secara bertahap dan menyesuaikan dengan kondisi tubuh. 

Jangan sampai kita yang ingin diet bukannya mendapatkan kondisi badan yang semakin sehat, tapi malah mendapatkan penyakit baru atau penyakit lama kita kambuh kembali. Beberapa penyakit yang biasanya kambuh kembali karena diet yang dilakukan tidak sesuai kemampuan tubuh adalah kambuhnya asam lambung, magh atau gerd. Maka penting bagi untuk lebih mengutamakan kesehatan kita diatas keinginan diet kita. 

Sekian pembahasan kita tentang Lakukan Cara Diet Secara Bertahap untuk Kesehatan. Artikel ini akan terus ditambah referensinya sesuai dengan makin luasnya pembahasan tentang ini. Semoga bermanfaat. 


Posting Komentar untuk " Lakukan Cara Diet Secara Bertahap untuk Kesehatan Anda"