Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diet OCD dengan waktu makan 8 jam. Bagaimana caranya ?



CMZhealth.blogspot.com -  Diet OCD dengan waktu makan 8 jam. Ada banyak cara untuk sehat. Salah satunya adalah dengan diet. Diet saat ini sudah menjadi gaya hidup orang modern yang peduli dengan kesehatan. Tapi ada banyak macam diet, salahsatunya adalah Diet dengan waktu makan 8 jam. Bagaimana cara diet seperti ini ? Akan kami bahas di artikel berikut ini.

Sekilas tentang Diet OCD dengan waktu makan 8 jam

Membagi fase 1 hari dalam 3 bagian

Dalam sehari ada 24 jam. Untuk diet ini, diboleh kan makan hanya pada jam tertentu, tidak boleh melakukannya kapan saja. Jadi 24 jam ini sesuai dengan fungsi organ tubuh dibagi dalam 3 waktu; waktu makan, waktu penyerapan dan waktu pembuangan.

Waktu makan adalah dari jam 12.00 sampai jam 20.00. pada 8 jam pertama ini tubuh dibolehkan untuk makan, karena pada jam ini biasanya aktifitas berada pada puncaknya, ditambah dengan kondisi sekitar yang panas. Maka tubuh memutuhkan asupan makanan.

Pada fase yang kedua adalah antara jam 20.00 sampai jam 04.00 adalah waktu penyerapan makanan. Jadi makanan yang sebelumnya masuk ke dalam tubuh akan diserap dan disalurkan ke berbagai organ dalam tubuh. Pada fase ini, sebaiknya kita tidak mengunsumsi makanan dan tidak boleh minum terlalu banyak.

Pada fase ketiga, yaitu antara jam 04.00 sampai jam 12.00 adalah waktu untuk mengeluarkan sisa makanan. Pada fase ini sebaiknya tidak makan makanan yang berat, dan dianjurkan untuk banyak minum supaya badan mudah dalam mengeluarkan sisa makanan.

Mengapa hanya Boleh Makan 8 jam ?

Dari berbagai sumber yang kami dapatkan, jika kita makan di saat badan dalam proses menyerap makanan, maka akan terjadi keletihan organ tubuh bagian dalam, karena memfungsikan tidak sesuai dengan jamnya. Saat organ sudah dalam proses penyerapan, biasanya daya kerjanya sudah melemah, jika saat itu diberi makanan berat, tentunya dampaknya kurang baik bagi kesehatan.

Begitu juga saat tubuh seharusnya dalam fase mengeluarkan sisa makanan, jika dipaksakan untuk mengonsumsi makanan, maka efeknya juga kurang bagus. Bisa dicoba, saat kita makan dalam porsi yang banyak di pagi hari, biasanya badan bukan semakin bertenaga, tapi biasanya mengakibatkan ngantuk dan malas untuk melakukan apa saja.

Membiasakan Diet dengan waktu makan 8 jam

Untuk merubah kebiasakan dengan diet seperti ini memang bukan hal yang mudah. Apalagi sejak kecil kita terbiasa untuk sarapan pada pagi harinya dengan makanan yang berat. Biasanya sarapan nasi yang kadang porsinya sama dengan makan siang. Untuk tidak makan sama sekali sampai jam 12 memang bukan hal yang mudah, tapi ini bisa dilakukan bertahap dengan mulai mengurangi makanan atau mengubahnya dengan minuman yang bisa menambah energy.

Begitu juga dengan menghilangkan kebiasaan makan diatas jam 8 malam. Ini juga kebiasaan yang masih banyak dilakukan oleh masyarakat kita. Padahal ini adalah kebiasaan yang kurang baik. Maka secara bertahap juga kita harus bisa menghilangkan kebiasaan ini.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang Diet OCD dengan waktu makan 8 jam. Artikel ini akan terus bertambah seiring bertambahnya informasi kami tentang  bahasan ini. Jadi, jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blog ini.

 

Posting Komentar untuk "Diet OCD dengan waktu makan 8 jam. Bagaimana caranya ?"